Daftar Berita SMAIT", menampilkan 5 berita...

SMAIT

SUPERVISI AKADEMIK SMAIT AFISKU

Supervisi akademik merupakan program pembinaan dan penilaian kinerja guru yang dilaksanakan paling sedikit satu kali dalam setiap semester. Kegiatan supervisi dilakukan dalam beberapa tahapan, yaitu wawancara pra supervisi, observasi pembelajaran, wawancara pasca supervisi dan tindak lanjut pasca supervisi. Adapun item yang menjadi objek supervisi adalah administrasi perencanaan pembelajaran guru (modul ajar) dan pelaksanaan pembelajaran di kelas. Supervisi ini dilaksanakan pada Senin – Kamis, 04 – 14 Maret 2024 Supervisi bertujuan untuk membantu guru meningkatkan kompetensi mengajarnya melalui rencana tindak lanjut hasil supervisi. Bagi guru yang memiliki praktik baik pembelajaran, direkomendasikan untuk berbagi praktik baik kepada guru lain dan/ atau melakukan open class. Alhamdulillah supervisi berjalan dengan baik, Sebagian besar guru sudah mampu menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa sebagaimana tuntutan dari implementasi kurikulum Merdeka. Semoga dengan dilaksanakan supervisi, kompetensi guru bisa terus berkembang dalam menciptakan pembelajaran yang berkualitas dan menyenangkan bagi peserta didik.

SMAIT

OUTBOUND TAHUN 2024 SMAIT AFISKU

Kegiatan outbound dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2024 dengan jumlah peserta sebanyak 125 dari siswa dan 15 panitia dari guru. Para peserta berangkat dari Al-Fityan pada pukul 05.00 WIB menuju lokasi Outbond. Perjalanan ini memakan waktu 4 jam. Pada pukul 09.00 WIB para peserta tiba di dilokasi outbound yaitu Pantai Samudra Indah. Sebelum kegiatan Outbond dimulai, diadakan acara pembukaan oleh Kepala Sekolah SMAIT AL Fityan Kubu Raya, Yully Endriani, S.Pd, Gr. Beliau mengatakan kegiatan outbound ini merupakan kegiatan belajar di alam luar, tujuan kegiatan ini adalah agar siswa memiliki sehat jasmani dan juga sehat mental. Setelah acara pembukaan para Intruktur outbound melakukan briefing dan salah satu intruktur lainnya memandu peserta utk melakukan pemanasan sebelum memulai outbound. Ini bertujuan agar anak tidak ada cedera pada saat Outbond. Ada 8 jenis permainan yang akan dimainkan oleh peserta outbond terdiri dari Tiang Titanic, Tali persaudaraan, Cerukuk, Estafet gelas tunggal, Transfer ABO, estafel gelas kelompok, tiping pipes. Kegiatan dibuat menjadi 2 sesi, pada sesi pertama ini dimulai pada pukul 10.30 WIB – 12.00 Wib. Waktu istirahat diberikan 1 jam oleh panitia dengan diisi kegiatan sholat dan makan siang. Sesi kedua dimulai pada pukul 13.00 – 15.30 WIB.

SMAIT

TALKSHOW BERSAMA ALUMNI SMAIT AFISKU

Agenda Talkshow Bersama alumni dengan Tema ”Alumni Berbagi, Pengalaman adalah Guru Terbaik” dilaksanakan Rabu, 7 Februari 2024 di Aula Burahmah. Agenda ini memiliki maksud dan tujuan untuk mempersiapkan peserta didik kelas XII yang akan melanjutkan karir pasca sekolah. Baik itu pada bidang Sains Kedokteran, bidang Sosial dan Kedinasan. dengan itu SMAIT AL FITYAN mengundang alumni untuk berbagi sesuai dengan bidang masing – masing yaitu Jazid Arrazy, S.M Selaku Ketua Ikatan Alumni SMAIT AL FITYAN, beliau berbagi dalam bidang sosial ekonomi. Briptu Fajari Fhadholi R, S.H berprofesi sebagai POLRI di Polda Kalbar berbagi tentang persiapan dan proses menuju profesi Kedinasan dan Mita Efni Nabella,S.Ked selaku mahasiswa S -1 Kedokteran di Universitas Tanjungpura berbagi tentang tips dan trik menuju kuliah kedokteran. Kegiatan Talkhsow ini di buka langsung oleh Kepala Sekolah Ibu Yully Endriani,S.Pd,Gr kemudian dilanjutkan agenda talkshow. Adapun rangkaian agenda talkshow ini terdapat 5 sesi, diantaranya: 1. Pemateri menyampaikan tantangan pada dunia kerja berdasarkan pengalaman pribadi Di pandu moderator, pemateri diminta masing - masing memperkenalkan diri serta latar belakang profesi 2. Pemateri diminta masing - masing menceritakan kisah / pengalaman paling berkesan selama sekolah di Al Fityan. serta pemateri menyampaikan minat saat ingin melanjutkan setelah lulus SMA arahnya kemana? serta apa persiapan nya yang dilakukan selama di SMA AL Fityan 3. Pemateri menyampaikan latar belakang kuliah / profesi yang di lakukan. serta menyampaikan proses dan tahap - tahap saat menjalani kuliah atau profesi tersebut. baik itu suka maupun dukanya. 4. Tanya jawab yang di tujukan kepada masing – masing pemateri. Tanya jawab ini berlangsung sangat baik, karena peserta didik sangat antusias untuk menggali informasi dari pemateri sesuai dengan kebutuhan mereka masing – masing. 5. Tanya jawab bebas, Clossing statmen dari pemateri dan motivasi singkat untuk kelas XII. Dan agenda langsung di tutup Bersama sama. Saat agenda talkshow berlangsung, tanya jawab yang di sampaikan menjadi gambaran bahwa.talkshow ini bagian terpenting untuk memperkuat san memberi gambaran secara langsung tentang dunia pasca sekolah diluar sana. Sehingga peserta didik tidak hanya focus mempersiapkan nilai akademik saja, tapi jauh daripada itu harus tetap selalu mendekatkan diri Kepada Allah, meminta Ridho dari orang tua, meminta do’a dari guru dan lingkungan sekitar. Karena sukses itu perkara rezeki yang sudah Allah atur yang di AMIN kan oleh semesta alam.

SMAIT

YOUTUBE CAMP SMAIT AL-FITYAN KUBU RAYA

Kegiatan Youtube Camp (Youth Training For You Become Succes) yang diadakan oleh SMAIT Al-Fityan pada tanggal 25-26 Januari 2024 di Tanjung Bajau, Singkawang, memiliki tujuan yang sangat positif untuk membantu siswa dan siswi kelas 12 merancang dan meyakinkan pilihan masa depan mereka. Berikut adalah rangkuman kegiatan yang dilaksanakan: 1. Materi dan Talkshow "Who Am I?". Sesi ini dirancang untuk membantu siswa dan siswi menjawab pertanyaan mendasar tentang diri mereka sendiri, membantu mereka memahami identitas dan minat mereka. 2. Sharing Session Masa Depan bersama Ahli Konselor Keluarga (Psikolog). Sesi ini memberikan kesempatan bagi siswa dan siswi untuk mendiskusikan masa depan mereka dengan bimbingan dari ahli konselor keluarga untuk membantu mereka memahami potensi dan tantangan yang mungkin dihadapi. 3. Forum Grup Discussion (FGD). Sesi ini memberikan platform bagi siswa dan siswi untuk bersama-sama merancang tujuan masa depan mereka dan menentukan langkah-langkah yang harus diambil. 4. Presentasi dan Tanggapan. Siswa dan siswi memiliki kesempatan untuk mempresentasikan hasil rancangan mereka di hadapan rekan sejawat dan guru-guru. Sesi tanggapan dan tanya jawab membantu mereka memperoleh masukan konstruktif. 5. Kegiatan Outbond Memberikan kesempatan kepada siswa dan siswi untuk bersantai dan menyegarkan pikiran mereka, sehingga mereka dapat lebih fokus dalam merancang tujuan masa depan.

SMAIT

WORKSHOP KARYA TULIS ILMIAH SMAIT AFISKU

SMAIT AL FITYAN menggelar workshop penulisan karya tulis ilmiah dengan tema "Siswa Hebat, Cerdas Menulis Karya Ilmiah Berkualitas" pada tanggal 25-26 Januari 2024. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas X dan XI. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan penulisan ilmiah dan mempersiapkan peserta untuk mengikuti kompetisi tingkat nasional. Narasumber yang diundang berasal dari Lingkar Studi Mahasiswa (LISMA) Universitas Tanjungpura (UNTAN), yang merupakan pakar di bidang penulisan ilmiah. Para siswa mendapatkan wawasan mendalam dari narasumber mengenai struktur karya tulis ilmiah, teknik penyusunan literatur, strategi menyusun karya ilmiah serta trik dan tips untuk membuat karya tulis yang berkualitas. Peserta workshop antusias mengikuti setiap sesi, aktif bertanya, dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan praktik. Ketua panitia kegiatan menyampaikan bahwa workshop ini menjadi langkah awal dalam mengasah kemampuan menulis karya ilmiah yang bermutu dan dapat menciptakan generasi yang mampu berkontribusi dalam dunia ilmiah. Semoga, hasil dari workshop ini akan mendorong Semangat belajar dan semangat menulis ilmiah diharapkan terus tumbuh di kalangan siswa-siswi SMAIT AL FITYAN.